Tuesday, August 9, 2016

Filled Under:

Identifikasi Masalah

Masalah
1.      Dusun Alas Durin
     Kurangnya penggunaan alat untuk dibidang persawahan (misalnya traktor, dll) karena jalan yang berabatu menyebabkan alat-alat tersebut tidak bisa dilalui ke dusun ini, serta kurangnya air.

2.      Dusun Banjar Barat
·         Kepala dusun mengharapkan adanya pemasaran yang lebih menarik dan lebih meluas dengan penjuaan temu ireng yang dijual sebagai bahan mentah.
·         Pemasalahan dalam hal pemasaran dirasakan oleh kepala dusun karena memang para pemuda-pemudi hanya aktif dalam pengembangan potensi yang ada. Kepala Dusu Banjar Barat sudah berusaha untuk lebih menyebarluaskan hasil potensi yang didapat, akan tetapi hingga saat ini masih belum begitu memuaskan.
·         Potensi buah, palawija, dan rempah sendiri masih banyak yang dipasarkan dalam bentuk barang mentah (Belum diolah menjadi olahan yang lainnya), Hanya Temu Ireng yang dipasarkan dalam bentuk barang setengah jadi (dipotong, kemudian dijemur, dan hasil yang sudah kering akan dikirim ke distributor). Untuk olahan dari buah sebelumna Kepala Dusun Banjar Barat mempunai niatan untuk mengolah potensi buah menjadi keripik buah, tetapi kendalanya ada dibagian Target Marketing.
·         Selain dari olahan buah , Kepala Dusun Banar Barat ingin mengajak masyarakat yang ada di daerah tersebut untuk memproduksi kandang burung dalam skala besar dan memasarkannya ke berbagai daerah. Sarang burung ini sendiri sebenernya sudah diproduksi tetapi dalam skala kecil dengan jumlah pengrajin yang sedikit.

3.      Dusun Banjar Timur
    Potensi dalam bidang pertanian hanya bisa dijual sebagai bahan mentah ke pasar, sehingga itu membuat harga penjualannya masih rendah

4.      Dusun Labisan
   Masyarakat di dusun ini memiliki kendala pada air pada saat proses penanaman, dikarenakan mereka masih mengandalkan hanya berupa air hujan.

5.      Dusun Maleh
     Permasalahan di dusun Maleh, kurangnya inovasi penjualan atas hasil pertanian serta banyaknya remaja yang hanya sebagai lulusan SD yang merantau ke luar Madura untuk bisa mencari pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi

6.      Dusun Rambai
     Dikarenakan tanah yang begitu subur, masyarakat di susun ini ingin mengetahui bagaimana cara menanam (tani) agar tumbuh lebih cepat dan tanah juga tetap subur dan tanaman dapat berkembang baik.

7.      Dusun Tonggun
     Dalam SDM pada dusun ini masih rendah sehingga hasil pertanian yang didapatkan tidak dapat diolah dengan baik

8.      Dusun Duko
      ----------------------------

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Banjar - Galis™ is a registered trademark.
Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.