Tuesday, August 9, 2016

Filled Under: ,

Potensi Desa

Desa Potensi
SDA (SUMBER DAYA ALAM)


Potensi Desa Banjar dalam bidang pertanian sangatlah berlimpah. Banyak sekali tanaman yang dapat tumbuh subur di Desa tersebut. Namun, permasalahannya adalah tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang musiman dan dipasarkan secara mentah.

Beberapa potensi desa dalam bentuk tumbuhan diantaranya adalah:

1.      Kacang Tanah
Kacang tanah merupakan salah satu tumbuhan yang ditanam oleh para petani Desa Banjar di musim kemarau. Kacang tanah merupakan tumbuhan yang memiliki hasil panen yang paling digemari oleh masyarakat Banjar karena cara penanaman dan perawatan yang relatif mudah namun bisa dijual dengan bentuk mentah dengan harga yang tinggi.

2.      Singkong
Singkong juga merupakan tanaman yang subur di Desa Banjar, biasanya singkong ditanam dipinggir-pinggir petak sawah oleh masyarakat setempat. Daun singkong juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran dan ubinya biasanya dijual di pasar-pasar atau dibuat makanan ringan untuk santai di rumah.

3.      Jagung
Jagung kerap menjadi tanaman utama di ladang para petani desa. Alasannya karena jagung cocok dengan tekstur tanah yang ada di Desa Banjar. Para petani atau masyarakat desa memanfaatkan jagung sebagai pengganti atau campuran padi sebagai makanan pokok, karena tanaman padi tidak begitu cocok untuk tekstur tanah yang ada di Desa banjar, hanya sebagian ladang saja yang bisa ditanami padi. Selain menjadi makanan pokok, hasil panen jagung juga bisa dijual dalam bentuk mentah ke pengepul atau di jual ke pasar-pasar yang tersebar di Kecamatan Galis.

4.      Tanaman Toga
Tanaman Toga (Tanaman obat keluarga ) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman Toga pada hakikatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun, ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Budidaya Toga dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual.

5.      Buah-Buahan

Buah-buahan dapat tumbuh dengan subur di Desa Banjar. Walaupun desa ini terkenal dengan sumber airnya yang dalam, namun buah-buahan tersebut bisa tumbuh dan berbuah seperti di tempat-tempat yang memiliki sumber air yang besar. Buah-buahan yang tumbuh antara lain, salak, rambutan, durian, kenitu, kelapa, pisang, mangga, jeruk bali, dan masih banyak lagi.



WISATA

Desa Banjar selain merupakan desa yang subur, desa tersebut juga memiliki beberapa tempat wisata dan tempat ziarah .

Wisata dan Tempat Religi :

1.     Batu Kodok
Batu Kodok berada di dusun Maleh desa Banjar. Tidak banyak masyarakat yang mengenal wisata tersebut karena tempatnya yang tersembunyi dan harus melewati jalan-jalan kecil serta melewati sawah untuk sampai di tempat wisata ini.

2.     Batu Kerbau
Batu kerbau dipercaya masyarakat karena keunikannya yang terbentuk dari alam. Wujud batu tersebut menyerupai kerbau yang sedang duduk, maka dari itu masyarakat Desa  Banjar menamai batu kerbau

3.     Pohon Kelompang
Pohon kelompang merupakan pohon yang tua di Desa Banjar yang memiliki ukuran besar di banding pohon-pohon lainnya. Di samping itu, pohonnya di percaya masyarakat sebagai pohon yang mempunyai nilai mistis yang tinggi.

4.     Bujuk (makam) Rambai
Ady Roso merupakan paman dari Jokotole yang singga di Desa Banjar. Letak makam Rambai atau makam ady Roso berada di Dusun Rambai, sekitar 2 Km dari Pasar Jurang.

5.     Bujuk (makam) Bujuk Etem
Ju’ Ѐtĕm ( Haliyah ) sangat disenangi teman sebayanya karena keperiangannya dan lucu sekali. Beliau sangat disayang masyarakat sekitarnya bahkan setiap orang yang mengenalinya langsung terpikat dan ingin mengangkatnya sebagai anak. Menginjak usia dewasa Haliyah di didik dengan baik oleh keluarganya yang memang sangat tersohor di bidang agama.

6.     Bujuk (makam) Jungkar
Bujuk jungkar merupakan makam tua yang ada di Desa Banjar. Konon ceritanya dalam proses dakwah perahu yang ditumpanginya terjungkar atau terbalik, dan akhirnya para penumpang yang ada di dalamnya tidak terselamatkan
Dalam makam bujuk jungkar terdapat tiga makam yang  berjejer rapi, masyarakat percaya bahwa makam tersebut adalah makam keluaraga yang meninggal akibat terjungkarnya perahu yang di tumpangi.




0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Banjar - Galis™ is a registered trademark.
Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.