Tuesday, August 9, 2016

Filled Under:

Rencana Program Kerja

Proker
Desa Banjar yang terletak di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan memiliki  potensi yang tinggi di bidang Pertanian dan Peternakan.  Rata-rata masyarakat yang tinggal di Desa Banjar memiliki mata pencaharian sehari-hari dari hasil tani dan hasil ternak. Berbagai macam jenis tanaman tani yang dapat dihasilkan misalnya; singkong, jagung, kacang, padi, kacang panjang,tomat, dan lain-lain. Namun hasil  tani yang paling dominan singkong,kacang dan tomat. Selain hasil tani yang melimpah untuk pemasaran hasil tersebut juga tidak terlalu sulit. Begitupula di bidang peternakan, masyarakat yang memiliki hewan ternak juga dapat memanfaatkan ternaknya dalam kehidupan sehari-hari. 

Kehidupan Masyarakat di Desa Banjar
Selain masyarakat yang menetap di Desa Banjar juga banyak masyarakat Banjar yang pergi keluar kota (merantau) untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar untuk keberlangsungan kehidupan keluarga di Desa. Meskipun terkadang pekerjaan yang di dapat hanyalah sebagai seorang kuli, namun  mereka tetap untuk merantau. Penghasilan yang lebih besar daripada bertani ataupun berternak di desa tersebut.  Perekonomian Desa Banjar Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, cukup baik. Tetapi perekonomian mereka bukan karena pemanfaatan Sumber Daya yang ada di Desa Banjar melainkan banyak warga yang merantau untuk mendapatkan penghasilan yang layak, tempat tinggal yang layak. Penghasilan yang diperoleh di desa Banjar jika tidak bertani bisa berternak. Namun di Desa Banjar belum ada industri rumah tangga yang maju. Industri rumah tangga yang ada di Desa banjar hanyalah konveksi.  

Berdasarkan kondisi masyarakat dan potensi alam yang ada di Desa Banjar maka kami memilih topik Wanita dan Tenaga Kerja sebagai topik kegiatan. Hal ini disebabkan  banyaknya masyarakat di Desa Banjar yang merantau sedangkan sumber daya alam yang ada di desa banjar melimpah.  Dengan memberikan solusi atau program kegiatan yang berkaitan dengan industri rumah tangga  diharapkan dapat meningkatkan  kesejahteraan wanita dan  tenaga kerja serta keinginan dari masyarakat di Desa Banjar. Sasaran dari industri rumah tangga  yang akan dilasanakan dengan menggunakan program pembuatan  keripik samiler singkong. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para wanita di Desa Banjar lebih kreatif dalam pengelolahan sumber daya alam yang dapat memberikan peluang kerja kepada yang lainnya sehingga tenaga kerja yang  ada di desa Banjar tidak perlu lagi merantau dan dapat berdaya saing di Desanya sendiri.


No
Kegiatan
Penanggung jawab
1
Samiler Singkong
Ela Nur Azizah
Amirah Inas Sholihah
Rif’atul Mahmudah
2
Ternak Cacing
Moh. Khuzairi MS
Indah Puspita
3
Fermentasi Pakan Ternak
M. Taqiudin Fahri
Ratna Karunia
4
Halal Bihalal
Makruf Ali Fahmi
Mariyah
5
Seminar Parenting
Halimatus Sya’diyah
Shelvi Eka Novia
6
Ekstrakurikuler dan Bimbingan Belajar
St. Nur Jannah
Nurul Eliyanti Putri
Dinia Ayu Indira
7
Baksos dan Papan Nama
Rendi Nugraha H
Nurul Hidayati
8
Semarak Agustus dan Gebyar Malam Puncak
Aditya Pratama Nugraha
Wilya Ningsih

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Banjar - Galis™ is a registered trademark.
Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.